INILAH 8 Perbedaan Orang Kaya Beneran dan Orang Sok Kaya



AgamakuIslam - Pernah gak sih kamu ketemu sama orang yang suka pamer harta kekayaannya? Bertemu dengan mereka yang hobi menunjukkan kekayaannya mungkin bukan barang baru lagi. Bahkan di lingkup pergaulan, kita bisa jadi bertemu lebih dari satu dengan karakter seperti ini. Kadang penampilan glamor dan omongan tinggi seringkali mengelabui kita untuk tahu apakah orang tersebut benar-benar kaya atau tidak.

Tapi sebetulnya perbedaan antara orang kaya dan mereka yang (sok) kaya itu ada loh. Apa saja ciri orang yang betul-betul tajir? Ini ulasannya...

1. Orang kaya malas untuk memamerkan kekayaannya di media sosial. Dia gak butuh tuh posting gambar barang mahalnya supaya dilihat orang

Cara membedakan orang kaya benaran dan pencitraan paling gampang dilihat dari apa yang ia posting di media sosial. Kalau kita tahu dia memang punya barang branded tapi jarang publikasi di Path atau Instagramnya, itu pertanda dia memang orang kaya. Tapi kalau ia bertingkah sebaliknya itu yang perlu dipertanyakan. Orang yang secara finansial mapan tidak butuh pengakuan dari orang lain atas kekayaannya dengan over expose di media sosial.

2. Buat orang tajir membicarakan kekayaan adalah hal gak penting. Tapi bagi orang (sok) tajir menunjukkan kekayaan via omongan adalah keharusan.

Ciri kedua ini juga mungkin sudah lumrah kamu dengar. Ya orang yang ingin terlihat kaya cenderung banyak menunjukkan kekayaannya lewat omongan. Biasanya nih orang seperti ini suka banget mengeluarkan kata-kata seperti :
"Duh nanti kalau makan jangan yang di kaki lima ya. Soalnya gw gak biasa nih"
"Bingung nih nanti kalau balik ke Jakarta naik apa ya. Tiket Garud* yang first class sudah habis lagi"

Pokoknya orang seperti selalu berusaha menunjukkan kelasnya lewat omongan dia. Padahal kalau diperhatiin, gaya hidupnya tiap hari ya biasa-biasa saja

3. Mereka yang kaya beneran gak akan membicarakan barang-barang mahal dengan orang yang bukan dari kalangannya. Sementara orang pura-pura kaya justru sebaliknya

Mungkin sebagian dari kamu pernah nih temenan sama orang yang kerjanya ngomongin barang mahal terus. Mulai dari tas keluaran terbaru, jam tangan paling mahal, sampai mobil atau motor premium. Padahal sih sebetulnya dia tahu bahwa teman nongkrongnya ini gak tahu barang begituan karena bukan kelasnya juga.

Nah kalau kamu pernah ketemu sama orang model begini, perlu tuh dipertanyakan beneran dia kaya atau enggak. Karena sepengamatan kami, orang yang beneran kaya tahu banget orang seperti apa yang cocok diajakin ngomongin barang-barang branded.

4. Ketika nongkrong atau makan di suatu tempat, orang sok tajir akan mikirin banget seberapa prestigenya tempat itu. Kalau orang kaya beneran justru gak peduli tuh

Satu hal yang paling dikejar oleh orang sok kaya adalah pengakuan dari orang. Karenanya buat dia tempat makan atau nongkrong itu ya harus mengangkat derajatnya.Kalau enggak lebih baik pindah saja. Orang model begini ogah banget kelihatan beredar di tempat-tempat yang "gak gaul" dan "kurang hitz". Padahal ketika pesan makan sih menunya yang paling murah atau mungkin malah gak pesan sekalian. Kan yang penting check in sama foto

5. Selalu terlihat show off menunjukkan kekayaannya adalah kebiasaan orang yang sebenarnya gak kaya

Orang yang gak kaya selalu berusaha terlihat kaya. Baik lewat tindakan dan omongan. pokoknya manusia model seperti ini ingin sekali memperlihatkan pada orang lain kalau dia punya uang. Maka dari itu gak heran kalau sebisa mungkin ia akan berusaha show off pada orang di sekitarnya tentang apa yang dia miliki. Misalnya saja nih lagi makan di café, semua gadget-nya di keluarin. Padahal sih sebetulnya dia bawa tas untuk tempat menyimpan gadget-nya ini. Tapi karena tujuannya memang mau pamer ya harus dibiarin ada di luar tas dong.

6. Gampang sirik saat melihat orang lain kelihatan lebih kaya dari dia. Sementara orang kaya beneran lebih cuek sama itu semua.

Untuk orang yang kaya beneran, melihat orang lain lebih tajir dia bukanlah masalah besar. Mereka gak akan gampang panik ketika tahu temannya baru beli gadget atau mobil terbaru. Karena buat dia kalau memang mau beli ya tinggal beli saja. Tapi kalau orang yang pura-pura tajir, mengetahui orang lain punya barang baru bisa bikin kebakaran jenggot. Perasaan tersaingi dan gak mau kalahlah yang bikin orang pura-pura kaya jadi seperti ini

7. Tersinggung banget saat dia merasa orang di sekitarnya gak mengakui kekayaannya. Baginya pengakauan orang adalah segalanya

Selain gampang sirik dan punya jiwa kompetisi yang tinggi, orang sok kaya biasanya bisa jadi sensi ketika ia merasa lingkungan tidak mengakui bahwa dia orang kaya. Misalnya nih lagi jalan-jalan ke mall terus tiba-tiba sales-nya gak nawarin dia buat beli barang yang memang harganya mahal pasti dia marah. Kalimat yang umum dikeluarkan sih biasanya

Gila tuh orang gak nawarin gue. Emangnya dipikir gue gak bisa beli barang harga segitu apa?
Padahal secara naluriah nih sales penjualan biasanya bisa menilai, kira-kira orang yang ditawarin bisa beli apa enggak. Jadi kalau gak ditawarin ya kemungkinan besar karena memang menurut insting mereka orang tersebut gak sanggup beli.

8. Dari sekian banyak omongan yang mencitrakan kekayaannya cuma sebagian kecil yang jadi nyata. Sisanya ya tinggal cerita…

Mulai dari ngaku tinggal di daerah elit sampai bapaknya orang berduit sudah pernah diomongin. Punya mobil mewah sampai liburan ke luar negeri juga sering diceritain. Tapi dari sekian banyak cerita barang mewah dan vakansi borjunya itu, kamu jarang melihat bukti nyatanya. Ya gitu deh kebanyakan dari omongan dia hanya berakhir jadi cerita belaka

Kalau memang kaya, jangan sombongkan kekayaanmu. Justru sebaliknya, kamu seharusnya menyumbangkan untuk orang-orang yang kurang mampu. Bukanlah dunia ini akan lebih baik lagi jika semua orang dengan rela hati bisa saling menolong?





Sumber : bacabagikan.blogspot.co.id



JUJUR Itu PENTING! Beli Makan Saja Tak Bisa, Tapi Gelandangan ini Malah Kembalikan Dompet Penuh Uang!



AgamakuIslam - Kejujuran itu tak ternilai harganya. Kata-kata itu biasanya hanya ada di akhir soal ujian, tapi bagi Waralop (44),seorang gelandangan asal Thailand, kata-kata itu benar-benar ada di hati dan perilakunya.

Kisah seorang Waralop membuat heboh dan menyentuh hati banyak netizne dunia. Waralop menemukan dompet bermerk Hermes asli, dengan isi uang sebanyak 7,6 juta di jalanan, plus kartu kredit.

Saat menemukan dompet itu, kondisi Waralop sungguh memprihatinkan. Di saku celananya yang lusuh, hanya ada uang sebesar Rp 3.500! Jumlah uang yang sulit untuk hanya membeli sekedar nasi bungkus.

Tapi, alih-alih mengambil uang di dompet yang ia temukan, Waralop pergi ke kantor polisi untuk mengembalikan dompet tersebut! Utuh! Tapi, Tuhan memang tidak tidur. Seketika itu juga, kejujuran dan perbuatan mulia Waralop, dapat ganjaran setimpal.

Polisi memanggil pemilik dompet itu, yakni Niity Pongkriangyos (30). Niity sangat senang ketika dompetnya ditemukan. Karena takjub dengan kejujuran Waralop, ia menawaripria itu pekerjaan. Nitty ternyata adalah seorang desainer pakaian di Thailand.
"Aku sangat terkejut ketika polisi memberitahuku ada yang menemukan dompetku. Aku kaget, karena bila aku tak punya uang, aku pasti akan mengambil dompet ini," kata Niity.

Nitty kemudian memberi Waralop pekerjaan dengan fasilitas rumah dan gaji Rp 4 juta. Menurut Waralop, dia melihat Nitty menjatuhkan dompetnya di stasiun kereta bawah tanah.

Ia hendak menyerahkannya, tapi ia tak bisa mengejarnya. Waralop pun bersyukur, ia kini bisa tidur di atas ranjang empuk, tak lagi di teras toko yang dingin. (*)




sumber : tribunnews.com

Masya Allah! Baca dan Amalkanlah Surat At-Tiin, Pahala yang Tidak Terputus Hingga Tua Nanti Jaminannya



AgamakuIslam - Islam mengajarkan dan selalu menuntun kita untuk beribadah. Setiap perkara yang diridai oleh Allah dianggap sebagai ibadah. Dengan membaca Surah At-tiin akan memberikan keutamaan yang sangat besar untuk umat manusia. Terlebih manusia tidak pernah luput dari dosa sehingga ibadah ini dapat menutup kesalahan kita selama hidup hingga tua.

At-tiin adalah salah satu surah yang ada di dalam Al-Qur’an. Surah At-tiin memiliki 8 ayat dengan arti dan maksud yang luar biasa. Surah ini juga memiliki keutamaan yang akan bermanfaat untuk hidup kita. Inilah surah at-tin ayat 1-8 beserta artinya yang mengajaran pada kita mengenai suatu kebaikan.

Suatu ketika Allah telah bersumpah mengenai tiga tempat ketika diutusnya para Nabi Ulul ‘Azmi, yakni:

  • Tempat adanya buah zaitun dan tiin, yakni Baitul Maqdis dimana Nabi Isa diutus oleh Allah.
  • Bukit Sinai adalah tempat dimana Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa AS.
  • Negeri Mekah dengan rasa penuh amannya, ialah tempat dimana Allah mengutus Nabi Muhammad SAW.


Berikut ini adalah penjelasan mengenai makna surat at-tin ayat 1-8 terhadap pahala yang tidak terputus hingga tua:

Masa tua adalah masa dimana seseorang mengalami penurunan performa dalam menjalani hidup. Hal ini akan berdampak pada semangat mereka untuk terus beribadah. Ketika seseorang dalam masa kecil, maka mereka belum begitu paham mengenai amalan-amalan tersebut. Ketika mereka sudah tua, mereka juga akan kesulitan dalam mengerjakan ibadah. Berbeda halnya jika mereka masih muda dimana mereka masih memiliki energi yang besar untuk melakukan amalan sebanyak-banyaknya.

Masa muda adalah masa dimana mereka dapat mengerjakan amalan yang lebih banyak. Namun, ketika tua mereka sudah tidak memiliki energi yang sama kuatnya ketika muda. Allah akan memberikan pahala yang sama pada orang tua itu ketika masa mudanya ia gemar beribadah. Hal ini diberlakukan bagi mereka yang tua, apabila Allah memberikan kekuatan yang lebih dalam beribadah maka mereka akan beribadah, orang seperti inilah yang diberi pahala sama seperti masa mudanya meskipun ketika tua ia tidak sebanyak dulu beribadahnya.

Selain itu, surah ini dapat dijadikan sebagai perlindungan kita dari keadaan jelek di waktu tuanya. Perubahan yang terjadi pada masa tua membuat mereka menjadi malas, memiliki hati yang lemah dan tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas baik. Oleh karena itu, ketika tua kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah dan meminta agar dijauhkan dari sifat negatif tersebut.

Doa tersebut meminta perlindungan atas:

  • Sifat al-kasal adalah tidak ada atau berkurangnya motivasi dalam melakukan kebaikan padahal ia masih mampu untuk melakukannya.
  • Sifat al-junb adalah berlindung dari perasaan takut. Surat at tiin ayat 1-8 dan artinya mengajarkan pada kita bahwa jangan sampai muncul perasaan takut untuk berperang dan melakukan amar ma’ruf nahi munkar.
  • Sifat al-bukhl adalah agar kita dihindarkan dari sifat kikir atau pelit. Dengan berdoa, maka kita meminta agar Allah memperlancar jalannya dalam menggunakan harta secara baik di jalan Allah, seperti berinfak, berzakat, sedekah, atau yang lain sebagainya. Karena memang apa yang kita miliki atau harta kita hanyalah titipan Allah untuk kita umat-Nya.
  • Sifat al-harom adalah dihindarkan dari kejelekan umur karena pada masa tua, pikirannya sudah mulai tidak stabil dan sering kacau.


Demikianlah manfaat membaca surah At-tiin, bagi yang sering membaca dan mengamalkan ayat tersebut maka pahala yang tidak terputus hingga tua akan dijamin untuknya.

Semoga Sahabat Semua Berkenan Untuk Menyebarkan Artikel Ini Dengan Membagikan Ke Sahabat Facebook Yang Lain.. Terimakasih...



Sumber : reportasemuslim

Allahu Akbar! Telah Tampak Awan Kalimah Allah di Langit.. Silahkan Share, Semoga Dengan Melihat Fenomena Ini Keimanan Kita Semakin Bertambah. Aamiin...


AgamakuIslam - Segala puji kami panjatkan hanya untuk Allah 'azza wa jalla, Rabb semesta alam, shalawat & sallam senantiasa tercurahkan kepada nabiyyina Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. amma ba'du Setelah semalam saya bercakap-cakap dgn seorang teman tentang para makhluk yg bertasbih kepada Allah ta'ala yg pada saat itu saya tak banyak menjelaskan dengan panjang lebar maka pada kesempatan ini insya Allah aku akan coba tuturkan berdasarkan tafsir ayatnya. Ketahuilah saudaraku sekalian, bahwasanya hewan-hewan, benda mati seperti gunung, bukit & bumi serta apa-apa yang terdapat di dalam tujuh langit & bumi, mereka bertasbih (menyucikan) Allah subhanahu wa ta'ala hanya saja kita tidak pernah mengetahui. bagaimana cara mereka bertasbih kepada Allah ta'ala, hal ini sebagaimana telah Allah ta'ala terangkan dalam Firman-Nya.

QS. Ar-Ra`d [13] :

وَيُسَبِّحُ ٱلرَّعْدُ بِحَمْدِهِۦ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِۦ وَيُرْسِلُ ٱلصَّوَٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ وَهُمْ يُجَٰدِلُونَ فِى ٱللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ ٱلْمِحَالِ

& guruh itu bertasbih dgn memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut Kepada-Nya, & Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yg Dia kehendaki, & mereka berbantah-bantahan tentang Allah, & Dialah Tuhan Yang Maha keras Siksa-Nya.

QS. Al-'Isra' [17] :

تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبْعُ وَٱلْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ ۚ وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Semoga dengan melihat fenomena ini keimanan kita semakin bertambah. Aamiin...


sumber : dakwahmuslim.com


TAHUKAH ANDA, Daun Pohon Tin TERNYATA Dapat Sembuhkan Pasien yang Terkena Stroke! Begini Caranya!



AgamakuIslam - STROKE adalah salah satu penyakit paling mematikan. Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak, dan dapat mengakibatkan kematian. Umumnya stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Di Indonesia, stroke menjadi penyebab sekitar 15,4% kematian dari total kasus kematian akibat penyakit. Sebanyak 2,5% dari pasien stroke meninggal dunia, dan sisanya akan mengalami kecacatan yang beratnya bervariasi.

Kebanyakan pasien yang terserang Stroke, khususnya yang mengalami kelumpuhan, sangat sulit untuk disembuhkan. Namun, ternyata ramuan herbal dari daun pohon TIN mampu menyembuhkan pasien yang mengalami kelumpuhan akibat stroke, walaupun belum dapat sembuh 100%. Seperti pengalaman salah seorang netizen di akun facebook pribadinya @Yayan Ian yang berbagi pengalaman dalam pengobatan Om-nya, yang gambarnya ada di atas artikel ini.

Pada akun facebooknya ditulis ..
Sekedar bagi pengalaman saja,
Om saya mengalami kelumpuhan dan stroke 75% saraf tidak berfungsi , BAB, Mandi dan makan pun butuh bantuan
Setelah berobat kemanapun hasil cuman 5% dan kurang maksimal dengan biaya yg di keluarkanpun lumayan besar
Setelah saya rawat dan cari2 info obat herbal, saya di beritahu oleh teman akan berbagai khasiat pohon buah tin, dan sayapun mulai menanam pohon tersebut
Dan setahun daun pohon buah tin sudah mulai bisa di ambil daun yg sudah nengering / jatuh
Dan selama setahun pulah om saya menjalani terapi herbal teh daun buah tin tersebut
Dan Alhamdulillah berkat kesembuhan dari Allah lewat daun buah tin tersebut, om saya berangsur pulih dan alhamdulillah meski g seberapa maksimal, tp sekarang sudah bisa makan sendiri dan sudah bisa berdiri berjalan meski masih 10 langkah
Dan ini cara proses pembuatan ramuan tehnya
Keringkan 10 lembar buah tin
Rebus dengan api sedang dengan 5 gelas air putih
Rebus hingga menjadi menjadi 2 gelas cukup di minum pagi dan sore
Insyaallah, atas izin Allah penderita akan segerah sembuh, amin
Semoga bermanfaat amin

Semoga sharing pengalaman ini dapat bermanfaat bagi netizen lainnya...

Jangan Pelit.. Ketahuilah! Inilah Pahala Untuk Suami Tiap Kali Memberi Nafkah Ke Istri


AgamakuIslam - Ketika memutuskan menikah, maka seorang pria harus siap dengan tanggung jawab untuk memberikan nafkah kepada istrinya. Mereka berkewajiban memastikan kebutuhan wanita yang dinikahinya ini tercukupi dengan jalan bekerja keras setiap hari.

Hal ini  terkadang menjadi salah satu momok menakutkan ketika pria akan mengambil keputusan untuk berkeluarga. Pengalaman susahnya mengatur hidup sendiri, membuat pria berpikir berulang kali untuk hidup berdua. Terlebih jika sudah memiliki momongan, maka tanggungjawab akan semakin besar.

Namun jika mengacu pada ajaran Islam, memberi nafkah istri tidak sekedar memastikan bahwa mereka bisa makan dan melanjutkan hidup saja. Lebih dari itu, tindakan ini merupakan sebuah ibadah dan memiliki pahala yang amat besar. Setiap kali memberikan istri nafkah, maka suami akan memperoleh pahala. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Memberi nafkah istri adalah wajib. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Muslim: 

"Bertaqwalah kalian dalam masalah wanita. Sesungguhnya mereka ibarat tawanan di sisi kalian. Kalian ambil mereka dengan amanah Allah dan kalian halalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah. Mereka memiliki hak untuk mendapatkan rezki dan pakaian dari kalian". HR Muslim

Pahala ketika memberi nafkah kepada istri lebih besar jika dibandingkan pahala saat memberikan harta untuk  perjuangan agama Islam. Rasulullah SAW bersabda bahwa,

“Satu dinar yang engkau belanjakan untuk perang di jalan Allah SWT dan satu dinar yang engkau belanjakan untuk istrimu, maka yang paling besar pahalanya ialah apa yang engkau berikan kepada istrimu.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dari segala jenis sedekah, ternyata yang memiliki pahala paling besar adalah memberi nafkah keluarga. Mulai dari infak di jalan Allah, membebaskan budak, sedekah orang miskin, maka yang dijanjikan pahala paling besar adalah saat memberikan untuk keluarga.  

"Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau sedekahkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan kepada keluargamu, pahala yang paling besar adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu" HR Muslim, Ahmad

Namun, dengan hal tersebut bukan serta merta istri boleh menuntut nafkah yang banyak kepada suaminya. Akan tetapi disesuaikan dengan keadaan umum yang diterima kalangan para isteri di negeri mereka, tanpa berlebih-lebihan ataupun pelit, sesuai dengan kesanggupannya dalam keadaan mudah, susah ataupun pertengahan. 

"Dan hendaklah kamu berikan suatu pemberian kepada mereka. Orang yang mampu sesuai dengan kemampuannya dan orang yang miskin sesuai dengan kemampuannya pula, yaitu pemberian menurut yang patut". [Al Baqarah:236].

Lalu kapan seorang pria berkewajiban memberiikan nafkah kepada istri? Para ulama berpendapat, tanggungjawan memberikan nafkah kepada istri dibebankan setelah berlangsungnya ijab qabul, meskipun istri masih tinggal di rumah orangtuanya dan belum tinggal bersama suami. 

Dasar pendapat mereka, diantara konsekuensi dari akad yang sah, ialah sang isteri menjadi tawanan bagi suaminya. Dan apabila isteri menolak berpindah ke rumah suaminya tanpa ada udzur syar’i setelah suaminya memintanya, maka ia tidak berhak mendapat nafkah dikarenakan isteri telah berbuat durhaka (nusyuz) kepada suaminya dengan menolak permintaan suaminya tersebut. 

Meski nantinya istri akan bekerja diluar rumah dan mendapatkan penghasilan sendiri, namun tidak membuat kewajiban suami ini hilang begitu saja. Istri yang bekerja dengan izin suami, harus tetap diberi nafkah. Namun jika mereka bekerja tanpa mendapat izin dari suaminya, maka ia tidak berhak mendapatkan nafkah. 

Dr. Umar Sulaiman Al Asyqar menjelaskan tentang alasan, mengapa isteri yang bekerja di luar rumah tanpa persetujuan suami tidak berhak tidak mendapat nafkah, ”Pendapat yang benar adalah, wanita yang bekerja tidak berhak mendapat nafkah. Karena suami mampu mencegahnya dari bekerja dan keluar dari rumah (dengan mencukupi nafkahnya), dan (menetapnya isteri di rumah suami) merupakan hak suaminya. Kewajiban suami memberi nafkah kepada isteri disebabkan karena status isteri yang menjadi tawanan suaminya dan ia wajib meluangkan waktunya untuk suaminya. Jika sang isteri bekerja (tanpa izin suaminya) dan mendapatkan uang, maka sebab yang menjadikan suami wajib memberikan nafkah kepadanya telah gugur.” Ahkamuz Zawaj, hlm. 282

Meski dengan kewajiban begitu besar, masih ada saja suami yang tidak bertanggungjawab memberi nafkah istri. Atau harta yang mereka dapatkan mereka simpan tanpa sepengetahuan istri, sementara istri, harus susah payah membagi uang belanja yang tidak cukup. Tentang suami yang bakhil ini, telah datang banyak nash yang memuat ancaman baginya. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya sebagai berikut.

"Cukuplah sebagai dosa bagi suami yang menyia-nyiakan orang yang menjadi tanggungannya." HR Muslim.

Selain itu, Rasulullah juga sabda yang artinya:
"Tidaklah para hamba berada dalam waktu pagi, melainkan ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari mereka berdoa,”Ya, Allah. Berikanlah kepada orang yang menafkahkan hartanya balasan yang lebih baik,” sedangkan malaikat yang lain berdoa,”Ya, Allah. Berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan hartanya (tidak mau menafkahkannya). Muttafaqun ‘alaihi

Dengan pahala yang demikian besar serta ancaman yang tidak main-main, seharusnya membuat para suami berpikir ulang untuk tidak menafkahi istri atau bersikap pelit kepada mereka. Karena sebenarnya, istri lah salah satu sebab Allah melancarkan rezeki suami. Karena dalam rezeki yang Allah beri kepada suami, selalu ada doa sang istri. Semoga artikel ini bermanfaat.


sumber : infoyunik.com