Gempa Guncang Aceh Shubuh Tadi! 18 Warga Syahid, Kerusakan Parah Dimana-mana, Yuk Ikut Bantu Ringankan Beban Mereka!

AgamakuIslam - Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 skala richter terjadi di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, sekitar pukul 05.03 WIB hari ini (7/12), tepat ketika masyarakat Aceh akan melaksanakan sholat shubuh. Demikian rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempabumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. Gempa di Pidie Jaya ini dirasakan hingga Banda Aceh dan Meulaboh. Guncangan kuat & kerusakan parah terjadi dimana-mana. Menjalar hingga meliputi daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, Pohroh, dan daerah-daerah lainnya.


Kerusakan Parah Dimana-mana


Data sementara yang dihimpun dari berbagai sumber termasuk dari relawan komunikasi RAPI Aceh menyebutkan, kerusakan yang sudah terdata sementara di Pijay antara lain SPBU Ulee Gle rusak. Warkop Umar Kumis di kompleks SPBU tersebut hancur, kubah Masjid Dayah Mudi Mesra Samalanga jatuh, gedung lantai IV STAI Al-Aziziah roboh, Meunasah Muko Kuthang Ulee Gle hancur, dan toko H Jailani berkonstruksi empat lantai di Luengputu juga roboh.

18 Warga Syahid


Sementara itu, sebanyak 18 warga dilaporkan meninggal dunia (syahid} akibat gempa bumi ini. Hingga kini evakuasi masih terus dilakukan terhadap warga yang tertimbun bangunan runtuh.

“Sudah kami tangani dengan alat berat untuk evakuasi, ada puluhan warga yang masih tertimbun. Warga yang luka-luka juga sudah dilarikan ke rumah sakit,” ujar Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi saat dihubungi, Rabu (7/12/2016).

Alat berat juga didatangkan dari kabupaten lain. Namun proses evakuasi memang terkendala medan yang berat.

Masyarakat Diminta Tetap Tenang


Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG M Riyadi, hingga pukul 05.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan lebih dari lima kali dengan kekuatan terbesar 4,8 SR. Menurutnya, tren kekuatan gempa bumi susulan semakin kecil. Sehingga, ia mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang.

“Khusus masyarakat di daerah Banda Aceh sampai Pidie Jaya dihimbau agar tidak terpancing isu tsunami karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, terjadi di darat,” kata Eridawati, Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar


Mari Ikut Bantu Mereka!


Mereka adalah saudara kita! Saudara seiman, sebangsa & setanah air. Mari ikut bantu mereka! Setidaknya dengan bantuan kita sedikit mengurangi kesedihan mereka atas cobaan yang sedang terjadi. Seperti halnya 3 tahun lalu saat terjadi gempa di Gayo, kami menyalurkan semua bantuan dari netizen tanpa dipotong biaya apapun (transport, konsumsi, akomodasi, dll) kepada para korban gempa Gayo (Klik di sini untuk melihat liputannya)

Bantuan dapat dikirimkan melalui rekening BCA: 7965037381 – a/n Muhamad Taqiyuddin. Semua bantuan akan kami salurkan kepada korban gempa Pidie Jaya 100% tanpa dipotong biaya apapun oleh tim kami yang sedang berada di Aceh. Bantuan Anda akan sangat berarti bagi saudara kita yang tertimpa bencana.





Sumber : cyberdakwah.com

0 Response to "Gempa Guncang Aceh Shubuh Tadi! 18 Warga Syahid, Kerusakan Parah Dimana-mana, Yuk Ikut Bantu Ringankan Beban Mereka!"

Post a Comment